TANAH AIR JALAN SIPIL, BAJA BETON JIWA SIPIL

Rabu, 06 September 2017

Puisi SIPIL

Tahukah engkau…?? 
Aku ingin membuatmu kokoh berdiri diatas tanah lempung montmorilonite 
Aku ingin menjadi tulangan besi di dalam beton bertulang 
Aku ingin menjadi kuda-kuda yang kokoh menopang atap  
Aku ingin menjadi kolom utama penopang hidupmu 
 
Tahukah kau…?? 
Kaulah yang menjadi pondasiku untuk mewujudkan bangunan masa depanku 
Kaulah yang menjadikan jalan hidup ini bagaikan di hotmix 
Kaulah yang menjadi safety factor dari stabilitas kehidupanku tanpamu, aku hancur 
Aku mencoba untuk menggambar denah kehidupanmu 
Namun, skala ini masih belum cukup untuk menggambarkan keindahanmu 
Andai jembatan antara kau dan aku tidak mengalami fatigue 
Andai gempa itu tak merobohkan gedung hatiku 
Biarlah.. aku akan membuat rumus atenuasi baru untuk ground motion yang lebih aktual 
Aku akan terus berusaha membangun gedung impian kita bersama 
Aku akan selalu membangun bendungan cintaku untuk menampung Kasih yang kau berikan, 
yang kau ajarkan padaku untuk selalu setia Struktur hati ini nampaknya akan selalu menghitung dan menahan indahnya hatimu 
Biarlah hati ini mencapai tegangan lelehnya, namun aku berusaha agar tidak melewati batas elastis hingga mencapai tegangan ultimate 
Ada beberapa hal terindah yang tak dapat kuungkapkan dengan kata-kata 
Namun angin akan selalu setia pada matahari 
Meskipun aku masih semuda jembatan Pasopati, 
Namun Cintaku sekuat tulangan baja Seindah menara Eiffell 
Biarlah durasi dan produktifitas terabaikan, 
asalkan kurva-s proyekku tidak terlambat untuk mendapatkanmu 
Semangatku untuk mendapatkanmu sekeras batu andesit 
dengan Modulus elastisitasnya yang besar bor pile dan pilecap-ku selalu membantuku untuk kuat menahan beban penderitaan cinta ini 
Meskipun konstruksi hatiku tak sekuat konstruksi baja 
Namun konstruksi bangunan kayu terlihat lebih indah Jangan pernah membuang cintaku dengan dump truck itu 
Biarkanlah tower crane itu mengangkut butir-butir cintaku padamu 
Jangan pernah kau melakukan clearing dan grubbing dengan excavator atau bulldozer 
Karena Cintaku sedalam tiang pancang, sebesar caisson yang menghujam dalam kedalam bumi demi kokohnya bangunan cintaku 
Aku akan lewati Pondasi Lanjut 
Aku akan habisi Beton Lanjut 
Aku akan libas Ekonomi Teknik 
Aku akan babat Mekanika Fluida dan Hidrolika 
Aku akan membuat Analisis Struktur tak berdaya 
Demi aku lulus ujian cintamu 
Meski itu harus melewati alinyemen jalan yang berat 
Meski itu harus membuatku di-push over 
Meski itu harus menghancurkan dinding penahan tanah yang menopang hati ini 
Aku akan selalu mencoba untuk membuat adukan semen yang proporsional tanpa additive agar kau percaya padaku… 
Aku akan selalu membuatmu tersenyum seperti angkur melingkari tulangan utama 
Kita akan menjadi girder-girder jembatan kehidupan kita bersama 
Menjaga longsornya hatimu dengan angkur kehidupanku 
Membuat jalan kehidupan kita bersama 
Melapisinya dengan aspal primer yang kokoh menahan hempasan air kehidupan.. 
Atau menjadikannya kaku seperti perkerasan beton 
Meskipun IPK ku hanya secukupnya, 
namun percayalah Bahwa Sipil akan membuat hidupmu dan hidupku menjadi lebih baik Kita 
bersama membangun kasih kita 
Menuangkan adukan-adukan Portland cement 
Melapisinya dengan mortar dan menngecatnya dengan indah 
Itulah rumah impian kita 
Kita yang menciptakannya
Hahahahaaa

1 komentar: